Tips Tetap Semangat dan Produktif Saat Puasa

Posted on

Saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa. Rasa lemas, haus, lapar, ngantuk seringkali menyertai kita pada waktu menjalankan ibadah puasa. Banyak orang yang berpuasa cenderung mengurangi aktifitasnya karena dikhawatirkan akan lemas atau pusing. Sebenarnya meski berpuasa, segala aktifitas yang biasa kita lakukan sehari-hari, tidak mesti dikurangi atau dihentikan, karena ternyata banyak hikmah dan manfaat yang bisa kita peroleh dengan menjalankan puasa, salah satunya manfaat kesehatan.

Pada hari-hari ketika tidak berpuasa, sistem pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, dengan berpuasa sistem pencernaan diberi kesempatan untuk ”beristirahat”. Pada saat itulah, sel dan jaringan tubuh melakukan regenerasi sehingga sel tubuh terus mengalami pembaharuan. Dampak positif lainnya bagi tubuh, puasa dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kegemukan dan darah tinggi.

Puasa menurut berbagai penelitian di dunia juga merupakan salah satu proses detoksifikasi yang efektif. Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Racun-racun yang selama ini menumpuk di tubuh kita karena sisa makanan, sisa metabolisme tubuh, polusi maupun obat-obatan dapat menyebabkan timbulnya penyakit..

Agar kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita, beberapa tips berikut dapat membantu anda untuk tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.