Tips Sehat Nonton Piala Dunia

Posted on

Bagi para penggemar sepak bola, ajang empat tahun sekali ini pastinya sayang untuk dilewatkan.

Pasalnya, jam tayang Piala Dunia yang berlangsung di Rusia ini dimulai dari pukul 9 malam dan bisa selesai hingga sekitar pukul 3 dini hari. Mau tak mau, Anda pun jadi begadang tiap malam hingga sebulan lamanya. Padahal, kebiasaan begadang bisa berdampak buruk bagi tubuh, bikin Anda gampang sakit.

Kebanyakan orang mengorbankan waktu istirahatnya saat Piala Dunia berlangsung. Padahal, terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

Begadang bikin Anda gampang sakit?

Begadang jelas membuat tubuh Anda gampang sakit karena kondisi tersebut memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terpapar virus, seperti virus influenza contohnya.

Selain itu, kurang tidur juga bisa memengaruhi seberapa cepat Anda kembali sehat atau pulih jika Anda sakit. Pada saat tidur, sebetulnya sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya membantu Anda untuk tidur.

Sitokin tertentu dapat meningkat ketika Anda memiliki infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres. Nah, begadang bisa menurunkan produksi sitokin tersebut. Selain itu, antibodi dan sel-sel yang berfungsi untuk melawan infeksi juga menjadi lebih tidak aktif selama periode ketika Anda tidak memiliki waktu untuk tidur yang cukup.

Pada dasarnya, kebutuhan untuk tidur dengan cukup berdasar pada fungsi bahwa hal itu dapat melawan risiko terserang infeksi. Selain gangguan kesehatan, kurang tidur dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

“Begadang sama sekali tidak mendatangkan kebaikan bagi tubuh Anda. Pertama, Anda akan bangun dalam keadaan yang tidak segar. Akibatnya, Anda akan merasa letih dan kurang berkonsentrasi sepanjang hari. Kedua, saat tidur tubuh berusaha mengganti sel-sel yang rusak. Hal yang paling sederhana dapat terlihat lewat kulit. Mereka yang sering begadang biasanya bermasalah dengan jerawat. Ketiga, begadang juga dapat membuat berat badan naik,” dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menjelaskan.

Jumlah optimal tidur untuk kebanyakan orang dewasa adalah 7-8 jam. Remaja memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 9-10 jam. Sedangkan anak usia sekolah memerlukan sekitar 10 jam atau lebih.

Menjaga kesehatan tubuh saat begadang

Jangan sampai Anda jatuh sakit akibat begadang nonton siaran langsung Piala Dunia. Lakukan kiat-kiat berikut:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.