Mudik Aman Ala Biker

Posted on
  1. Jangan membonceng lebih dari dari 1 orang pada motor anda, apalagi membawa anak kecil atau balita, karena akan sangat membahayakan. Lebih baik gunakan alat transportasi yang lain, keselamatan anda dan keluarga adalah yang utama.
  2. Jangan membawa muatan terlalu banyak, karena akan mengganggu keseimbangan berkendara.
  3. Bawalah bekal air mineral dan makanan ringan, ini untuk mengantisipasi apabila konsentrasi berkurang dan kondisi fisik menurun saat berkendara (dikarenakan sedang berpuasa), maka segeralah berbuka. Jangan memaksakan diri untuk tetap berpuasa.
  4. Gunakanlah helm yang standar (full face), dan jangan lupa pasang tali pengaitnya.
  5. Gunakanlah jaket yang mempunyai pelindung lengan dan bahu, sarung tangan kulit dan sepatu boot, namun pastikan penggunaannya tidak mengganggu kontrol anda terhadap motor. Akan lebih baik bila jaket yang digunakan mempunyai warna yang mencolok atau mempunyai reflektor, sehingga mudah terlihat oleh pengguna jalan lainnya.
  6. Siapkan jas hujan (tipe 2 pieces : baju dan celana) baik untuk pengendara maupun pembonceng. Hindari penggunaan jas hujan tipe ponco, karena beresiko tersangkut jari-jari motor.
  7. Setelah anda mengendarai motor selama 2 jam, beristirahatlah di tempat yang aman, misalnya : pom bensin, masjid, rumah makan atau posko mudik. Gunakan waktu istirahat untuk melemaskan otot-otot (senam ringan) dan juga untuk memeriksa kembali kondisi motor anda.
  8. Jangan pernah mentargetkan tiba di tempat tujuan pada waktu tertentu (ngebut karena mengejar waktu). Segeralah beristirahat bila anda merasa lelah atau mengantuk.
  9. Hindari menggunakan ponsel saat mengendarai sepeda motor, konsentrasi anda akan terpecah. Lebih baik menepi sesaat untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali.
  10. Waspadalah terhadap kondisi jalanan yang berbahaya, misal : jalanan yang berlubang, tumpahan tanah/pasir, atau tumpahan cairan/oli.
  11. Selama dalam perjalanan, nyalakan lampu utama, tertiblah dalam berlalu lintas, patuhi rambu-rambu yang ada dan jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Tetaplah berkonsentrasi penuh dan jagalah emosi selama dalam perjalanan.

Setelah perjalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.