Mudik Aman Ala Biker

Posted on

Tradisi mudik telah menjadi ritual yang mempunyai nilai tersendiri. Dinamika mudik pun berkembang, seiring dengan jumlah pemudik yang makin bertambah setiap tahunnya. Beberapa tahun terakhir, sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi pilihan dalam melakukan perjalanan mudik. Meskipun tidak direkomendasikan karena mempunyai resiko bahaya yang cukup tinggi, namun banyak orang memilih untuk mudik dengan menggunakan motor karena berbagai hal, misalnya : biaya yang dikeluarkan relatif kecil, kehabisan tiket transportasi umum, atau untuk kemudahan mobilitas di kampung halaman.

Beberapa tips berikut dibawah ini dapat membantu anda dalam melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman dengan menggunakan sepeda motor :

Sebelum perjalanan

  1. Beberapa hari sebelum perjalanan, bacalah buku petunjuk penggunaan agar anda dapat mengetahui spesifikasi sepeda motor anda dan periksa dengan seksama kondisi kendaraan anda. Akan lebih baik jika anda dapat melakukan servis kendaraan di bengkel resmi untuk memastikan kondisi motor siap untuk digunakan.
  2. Pastikan anda mengetahui rute perjalanan yang akan dilalui, termasuk diantaranya rute alternatif yang dapat dilalui. Ketahui pula letak pom bensin, tempat peristirahatan, tempat makan, posko mudik, bengkel dan posko layanan kesehatan di sepanjang rute yang akan dilalui.
  3. Jangan lupa membawa SIM dan STNK. Persiapkan juga peralatan P3K, obat-obatan pribadi, senter dan tool kit motor sebagai antisipasi keadaan darurat di perjalanan.
  4. Apabila memungkinkan, mudik dengan berombongan (3-4 motor) akan lebih baik, karena dapat saling membantu, jika terdapat masalah dalam perjalanan.
  5. Akan lebih baik jika anda dapat mengikuti acara ”mudik bareng” yang biasa diadakan oleh produsen motor. Selain lebih terorganisir, perjalanan mudik akan lebih aman karena biasanya acara seperti ini bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengawal para pemudik.
  6. Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit dan cukup tidur, serta hindari mengkonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk, sebelum anda melakukan perjalanan. Tidak disarankan untuk melakukan perjalanan di malam hari, karena selain faktor keamanan dan keselamatan yang kurang mendukung, pada malam hari tubuh kita dikondisikan untuk beristirahat.

Saat perjalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.