Limbah B3

Posted on

Ketika forklift dioperasikan dalam gedung atau ruangan yang tertutup maka bahaya keracunan CO dapat meningkat. CO adalah gas yang dapat menyebabkan pusing dan rasa mual. Pada konsentrasi tinggi dapat mematikan. Karena tidak mungkin kita untuk mencium, merasakan dan melihat gas CO maka pengendara forklft harus mengetahui akan potensi bahaya dan langkah yang perlu diambil untuk mencegah pajanan berlebihan sebelum gejala keracunan muncul.

Sumber Masalah

Forklift berbahan bakar solar atau propan akan menghasilkan CO pada saluran pembuangannya. Pada ruang sempit dan tertutup, konsentrasi gas CO tetap dapat berada dalam ruangan setelah beberapa jam forklift terakhir masuk ke ruangan.

Gejala

CO mengganggu/ mengurangi kemampuan darah untuk mengikat oksigen. Semakin banyak molekul CO dalam darah yang terkumpul maka semakin sedikit oksigen yang dibawa ke otak dan tubuh yang memang membutuhkan oksigen untuk dapat tetap berfungsi. Pajanan pada konsentrasi rendah menyebakan rasa pening di kepala. Semakin meningkat konsentrasinya maka gejala pusing dan limbung timbul. Pada konsentrasi tinggi , gas CO dapat menyebabkan rasa mual, muntah, hilang kesadaran, koma bahkan kematian. Jika anda mencurigai adanya keracunan CO lakukan tindakan dengan segera jangan menunggu sampai menimbulkan akibat yang parah. Rasa pusing saat atau setelah bekerja dengan forklift adalah gejala yang harus dilaporkan segera.

Mengurangi Risiko

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko dari keracunan CO ;

Berkendara dengan cermat . Hindari mengebut/mempercepat akselerasi mesin, mengerem mendadak, dll, karena hal-hal tersebut akanĀ  meningkatkan emisi gas CO

Secara rutin forklift di tune up

Memasang catalytic converter untuk mengurangi emisi gas CO

Jika memungkinkan, jangan tinggalkan forklift terlalu lama dalam ruangan/area kerja yang tertutup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.