Keselamatan Mengoperasikan Forklift

Posted on

Mengoperasikan forklift adalah pekerjaan para ahli. Petugas yang tidak terlatih dan tidak berwenang harus dikeluarkan dari pekerjaan mengemudi ini. Ciri seorang profesional untuk operator forklift adalah sabar dan tenang. Dia mengetahui pekerjaannya dan kendaraannya. Kedua faktor ini bergabung menjadi pengoperasian yang lancar.

Akan tetapi semua operator profesional harus menghindari menjadi terlalu puas diri apabila ingin menghasilkan prestasi yang prima. Jadi marilah kita meninjau beberapa hal yang membedakan operator profesional dan para amatir.

Salah satu dasar keselamatan adalah mengemudi pada kecepatan aman. Suatu kecepatan yang tepat baik bagi lingkungan maupun jenis muatan yang anda bawa. Hal ini merupakan bagian dari mengemudi yakni mudah terpeleset ( slip ). Apabila anda menjadi terbiasa mengemudikan forklift dan dapat menanganinya dengan baik, kecepatan tinggi mulai terbiasa .

Hal ini terkait langsung dengan salah satu tanggung jawab yang terpenting dari operator forklift yaitu “Keselamatan pejalan kaki “. Para pejalan kaki itu mungkin menguji kesabaran anda pada waktu-waktu tertentu, tetapi mereka tidak sebanding manakala anda berada dalam forklift, Anda sadar betapa besar tenaga yang anda keluarkan namun pejalan kaki tidak demikian. Bunyikan klakson anda untuk memperingatkan mereka bahwa anda mendekati dan lihatlah kebelakang manakala anda terhalang. Sudah barang tentu menghadap arah perjalanan anda adalah keharusan bagi pengemudi yang aman.

Sudut sudut yang tidak dikenal dan jalan jalan didepan pintu merupakan daerah kritis dan hal itu harus diperlakukan sebagai ” tanda berhenti”. Lagi membunyikan klakson di daerah ini adalah gagasan yang baik. Kebanyakan pengorperasian yang selamat atas forklift bergantung pada muatan sehingga hal ini merupakan bagian pekerjaan anda yang tidak dapat anda abaikan.

Forklift harus bermuatan hanya sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan. Kelebihan muatan dapat mengakibatkan forklift terbalik. Jangan membawa muatan yang tidak stabil . Sementara kita membicarakan perihal muatan ketahuilah selalu batas muatan , lantai atau dimana anda akan mengemudi. Apa yang ada diatas kepala adalah penting juga. Pahamilah pembersihan peralatan peralatan yang diatas kepala.

And harus tetap membuka mata karena peralatan baru mungkin telah ditambahkan sejak terakhir anda berkunjung ke suatu daerah. Ketika anda berada diatas kendaraan forklift, garpu harus diangkat hanya sekitar beberapa inchi dari lantai. Garpu garpu yang terangkat dapat menyebabkan cidera kepada seseorang atau kerusakan pada alat-alat atau bahan bahan berharga,  Garpu garpu tersebut dapat menyebabkan kerusakan lebih jauh pada waktu mengambil muatan. Jangan mendorong muatan dengan garpu garpu atau body forklift. Tentu saja, jangan biarkan siapapun berjalan di bawah garpu garpu.

Aturan dasar bagi operator forklift adalah jangan menerima penumpang, Hal ini adalah salah satu hal yang utama bahwa seorang pengemudi belajar apabila diserahi tugas mengemudikan forklift, Namun demikian para pembonceng disekitar pabrik terus menerus menguji disiplin anda terhadap aturan ini. Aturan mengenai pengemudi yang tidak berwenang dapat dilanggar tanpa sepengetahuan anda apabila anda meninggalkan forklift anda tanpa mematikan mesin dan mencabut kuncinya. Rem juga harus dipasang  dan tuas perseneling dalam keadaan netral. Ikuti prosedur ini bahkan jika anda hendak pergi hanya untuk sebentar.

Untuk keselamatan anda sendiri, langit langit diatas kepala harus diperiksa dan berada ditempatnya sebelum memeulai kerja setiap hari. Jagalah agar tangan dan kaki anda didalam garis batas forklift dan jangan diletakkan diantara tiang tiang. Gunakan selalu sabuk pengaman dan pastikan sabuk pengaman itu disesuaikan untuk anda.

Apabila perlu untuk memparkir forklift jangan meninggalkannya dimana forklift tersebut menghalangi jalan menuju pintu atau disebuah lorong atau didepan peralatan darurat.  Adalah tidak mungkin untuk menutup semua titik keselamatan forklift dalam beberapa menit.

Tetapi sebagai penutup, saya mengingatkan anda untuk tidak merokok sewaktu mengisi bensin dan selalu mundur ditanjakan dan turunan pada waktu memuat. Keselamatan forklift adalah satu tahap dari keselamatan pada waktu bekerja. Tetapi seperti semua yang lain, hal tersebut dapat tercapai hanya dengan melakukannya setiap hari.

JADI TETAPLAH WASPADA , DAN LAPORKAN SETIAP MASALAH PENGOPERASIAN FORKLIFT KEPADA PENGAWAS ANDA

Sumber : ANSI B6

Industiral truck standar

Untuk lebih memahami keselamatan tentang forklift silahkan downlod materi dibawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.