Kata Pengantar

Makin majunya industri penerapan teknologi tinggi, penggunaan bahan dan peralatan makin kompleks dan rumit, memerlukan tenaga yang makin ahli dan terampil.  Namun tidak selamanya penerapan teknologi tinggi dan penggunaan bahan baku yang beraneka macam dan ragam suatu industri diikuti dengan selaras oleh keahlian dan ketrampilan tenaga kerjanya yang mengoperasikan peralatan dan mempergunakan bahan dalam proses produksi tersebut.

Kesalahan dalam penggunaan peralatan dan pemakaian dengan kemampuan serta keterampilan tenaga kerja yang kurang memadai, ternyata dapat menimbulkan suatu kemungkinan bahaya besar, berupa kecelakaan ,kebakaran, peledakanpencemaran lingkungan dan penyakit akibat kerja.

Kecelakaan, kebakaran, peledakan, pencemaran lingkungan dan penyakit akibat kerja ternyata menimbulkan kerugian jiwa dan material baik bagi pengusaha tenaga kerja, pemerintah dan masyarakat luas.

Untuk  mengatasi permasalahan diatas diperlukan usaha K3 yang pada hakekatnya merupakan tanggung jawab dan kepentingan bersama baik pihak pengusaha, tenaga kerja maupun pemerintah.

Namun disadari bahwa saat ini kita masih mempunyai hambatan salah satunya adalah tingkat perkembangan pegawai pengawas K3 baik kwantitas maupun kwalitas pada umumnya tidak dapat mengimbangi tingkat perkembangan industri.

Untuk itu saya ingin  mencoba berbagi ilmu dan pengalaman tentang K3  bagi siapa saja yang tertarik pada permasalahan permasalahan K3 yang semakin hari semakin kompleks dan Saya selalu terbuka kepada siapa saja yang ingin berdiskusi seputar K3 .

 

Sigit Marsono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.